Proses Melahirkan Normal dan Istilah Dari Pembukaan


http://konsultasi-kehamilan.blogspot.com/2015/03/proses-melahirkan-normal-dan-istilah.html


Proses Melahirkan Normal dan Istilah Dari Pembukaan - Artikel ini nantinya akan menjelaskan kepada anda secara singkat mengenai persalinan normal dan istilah pembukaan pada persalinan normal tersebut. Artikel ini ditulis dengan bahasa singkat dan mudah dipahami.

Proses melahirkan normal akan terjadi pada usia kandungan sudah mencapai kurang lebih 9 bulan 10 hari. Persalinan semacam ini biasanya dilakukan tanpa melalui operasi yang kita kenal dengan istilah medis bedah caesar. Pada kelahiran normal bayi akan keluar dari rahim sesuai dengan tanggal yang sudah diperhitungkan sejak masa awal kehamilan. Kita tahu bahwa kelahiran normal ini biasanya diartikan sebagai kelahiran spontan dimana bayi akan keluar melewati liang vagina.

Dalam proses persalinan ini,  ada beberapa proses/tahapan yang harus dilalui oleh para ibu. Dalam proses persalinan normal tersebut seringkali dokter atau suster mengatakan dengan istilah pembukaan 8, pembukaan 10. Tetapi tidak semua orang yang benar-benar memahami istilah kata pembukaan dalam proses persalinan ini.

Fase / Tahapan Pada Persalinan Normal
Secara umum proses melahirkan normal itu terdiri dari 3 (tiga) fase diantara:
1.    Kontraksi
2.    Tahap pembukaan
3.    Tahap pengeluaran bayi

Pada tahap kontraksi ini mulut rahim yang semula hanya membuka sedikit saja lama kelamaan akan melunak dan terbuka semakin lebar. Mulut rahim sang ibu akan terlihat semakin datar dan kemudian menyatu pada rahim bagian bawah. Nah pada saat inilah pembukaan lengkap akan terjadi
Proses melahirkan normal ini selalu diiringi dengan proses Pembukaan mulut rahim yang dihitung dengan menggunakan satuan sentimeter (cm). Maka saat dokter berkata pembukaan 8 itu bermakna mulut rahim anda akan terbuka sebesar 8cm. Dan itu bermakna jalan lahir anak anda adalah sepanjang 8 cm. Dan pembukaan dikatakan sudah  lengkap adalah  ketika sudah mencapai 10 cm. Jika sudah mencapai pembukaan 10 cm berarti mulut rahim sudah menyatu pada rahim bagian bawah.

Pada tahap ini bayi sudah memiliki jalan yang cukup untuk keluar dari mulut rahim menuju liang vagina sang ibu. Oleh karena itu biasanya tahap ini dikatakan sebagai pembukaan lengkap atau juga pembukaan sempurna. Lama waktu pembukaan awal hingga sampai dengan pembukaan sempurna amatlah bervariasi. Biasanya untuk kelahiran yang pertama kali lebih lama dibandingkan dengan mereka yang sudah melahirkan lebih dari satu kali. Setelah melewati tahap ini maka siap menuju ke tahapan kedua, yaitu kelahiran bayi. Itulah yang apa yag dimaksud dengan pembukaan pada proses melahirkan normal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Kehamilan Artikel Populer