Kehamilan 8 bulan - Ibu Hamil 8 Bulan yang Masih Bekerja Efek Buruknya Seperti Merokok

Kehamilan 8 bulan - IbuHamil 8 Bulan yang Masih Bekerja Efek Buruknya Seperti Merokok

 Selama kehamilan, banyak perempuan masih bekerja bahkan hingga sebulan sebelum kelahiran. Hal ini berbahaya karena dapat mengganggu pertumbuhan bayi di dalam rahim. Bahkan sama bahaya dengan efek buruk merokok selama kehamilan.

Menurut penelitian, perempuan yang masih bekerja pada usia 8 bulan kehamilan bayi rata-rata berat 230 gram lebih ringan daripada wanita yang berhenti bekerja sejak usia kehamilan 6-8 bulan. Kelahiran normal berat badan berkisar dari 3000 - 4000 gram.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Essex menganalisis data dari studi 3 penelitian antara lain, dua penelitian di Inggris dan satu di Amerika Serikat. Hasil penelitian menemukan kesimpulan yang sama, bahwa bekerja selama kehamilan akhir memiliki efek buruk yang sama seperti merokok saat hamil. Janin dari ibu yang merokok selama kehamilan untuk bekerja atau tumbuh lebih lambat.

Para peneliti mengamati 1.339 anak yang ibunya berpartisipasi dalam studi Panel Survei Rumah Tangga Inggris pada tahun 1991 hingga 2005. Para peneliti juga memantau data dari 17.483 wanita yang melahirkan di tahun 2000 untuk tahun 2001 melalui penelitian Millenium Cohort Study ditambah dengan 12 166 perempuan dari National Survey of Family Growth  mengamati kelahiran di Amerika Serikat sekitar tahun 1970 sampai 1995.

Temuan mencapai kesimpulan yang sama, bahwa pekerjaan pada usia 8 bulan kehamilan akan mengganggu pertumbuhan janin. Penemuan ini dipublikasikan Journal of Ekonomi Perburuhan kemudian meminta cuti untuk semua wanita hamil.

"Berat badan kelahiran yang rendah adalah prediktor dari banyak hal yang bisa terjadi di masa depan, misalnya, cenderung untuk tidak menyelesaikan sekolah, upah rendah dan kematian yang lebih tinggi. Orangtua perlu waktu istirahat karena manfaat untuk mempengaruhi bayinya. "kata salah satu peneliti, Profesor Marco Francesconi seperti yang diungkapkan di  The Guardian, Senin (30/07/2012).

Bayi dengan berat badan kelahiran yang cenderung rendah memiliki risiko kesehatan yang buruk dan lambatnya pertumbuhannya. Selain itu, kesempatan terjangkitnya berbagai masalah kesehatan juga meningkat di kemudian hari. Oleh karena itu, berhenti bekerja sejak awal kehamilan akan sangat bermanfaat bagi wanita hamil.

Efekkerja selama kehamilan akan lebih parah pada wanita yang melakukan pekerjaan fisik. Pada ibu muda, efeknya tidak terlalu jelas. Bayi berat lahir dari ibu berusia di bawah 24 tahun tidak mempengaruhi pekerjaannya, tetapi pada ibu yang lebih tua efeknya sangat mencolok.

Studi ini juga menemukan bahwa wanita Inggris saat ini cenderung bekerja lebih lama selama kehamilan. Sebanyak 16% dari wanita hamil yang mengambil bagian dalam studi Panel Rumah Tangga Inggris pada tahun 1991 masih bekerja sampai 1 bulan sebelum kelahiran. Angka ini meningkat menjadi 30% pada studi penelitian Millenium Cohort pada tahun 2000 dan 2001.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Konsultasi Kehamilan Artikel Populer