Makanan Baik Untuk Ibu Yang Hamil Muda

Makanan Baik Untuk Ibu Yang Hamil Muda

Ada banyak mitos tentang diet untuk ibu hamil. Kita sering mendengar orang tua dari keluarga menasihati ibu muda untuk makan cukup untuk dua orang. Hari ini, kita tahu bahwa hal ini tidak benar. Bahkan, makan yang tidak terkontrol selama kehamilan dapat membuat Anda menambah banyak berat badan dan dapat membuat anak Anda kelebihan berat badan. Jadi makanan apa yang baik untuk ibu hamil?

Pertumbuhan janin dari semua makanan dari ibunya melalui tali pusar. Oleh karena itu, sementara ibu tidak harus makan makanan yang cukup untuk dua orang, hal yang paling penting yang ibu hamil mengambil nutrisi yang cukup untuk dua orang. Jika ibu menderita kekurangan gizi, maka akan diteruskan ke anak. Awal malnutrisi (kekurangan) dapat menyebabkan sejumlah masalah perkembangan pada anak.

Diet kehamilan harus kaya nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Dokter merekomendasikan asupan enam sampai tujuh porsi roti dan biji-bijian, dua sampai empat porsi buah, empat sampai enam porsi sayuran, dua sampai empat porsi susu dan sekitar tiga porsi protein setiap hari. dan disarankan untuk memilih makanan yang kaya serat. Contoh makanan yang baik seperti biji-bijian sereal, beras, buah-buahan dan sayuran hijau segar.

Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Ingatlah untuk mengambil setidaknya empat porsi kaya kalsium produk susu. Ini akan memastikan bahwa Anda mendapatkan sekitar 1200 mg kalsium setiap hari. Diet ibu harus kaya zat besi juga.

Vitamin C membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu dan anak. Sumber penting dari vitamin C adalah jeruk, brokoli, kembang kol, pepaya, paprika hijau dan tomat. Vitamin A juga sama pentingnya dengan wortel, ubi jalar, bayam, lobak, aprikot dan labu air yang mengandung banyak vitamin A.

 Seorang wanita hamil harus selalu mengambil semua vitamin prenatal (sebelum melahirkan) yang diresepkan nya. Hal ini khusus dirancang multivitamin mengkompensasi ketidakseimbangan atau kekurangan dalam diet gizi ibu. Umumnya, mengandung zat besi, mineral, vitamin, asam folat dan kalsium. Kekurangan asam folat bisa menyebabkan cacat lahir yang serius pada bayi. Sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, buah jeruk dan kacang-kacangan kaya akan folat alami, dan vitamin dan zat besi.

Seperti halnya kebutuhan yang harus dimasukkan dalam diet untuk ibu hamil, ada hal-hal tertentu yang harus dihindari selama kehamilan seperti alkohol, kafein, surplus gula, lemak berlebih dan daging mentah. Hal ini juga dianjurkan untuk menghindari keju lunak, makan ikan hiu, ikan todak dan mackerel tingkat tinggi mengandung merkuri di dalamnya.

Kebanyakan wanita hamil merasa mual dan kurangnya nafsu makan yang membuat tidak nyaman selama trimester pertama mereka. Pada tahap ini, mereka lebih memilih (ngemil) makan makanan kecil sepanjang hari.

Banyak wanita mengalami kenaikan berat badan tinggi karena lemak saat hamil. Ibu hamil sering merasa lapar, ia merasa menginginkan perhatian lebih dari suami yang termanifestasi dalam ngidam. Tetapi jika Anda ingin menjaga berat badan Anda di bawah kontrol dan menghilangkan obesitas setelah melahirkan, penting untuk makan makanan rendah kalori dan tinggi nilai gizi.

 Demikian tips makanan yang baik untuk ibu hamil muda, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca yang memerlukan info tersebut di atas terutama ibu hamil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Konsultasi Kehamilan Artikel Populer