Kehamilan 35 minggu : Latihan Menurunkan dan Memasukkan Kepala Janin ke Pintu Atas Panggul

Kehamilan 35 minggu - Pada primigravida (hamil pertama) kepala janin sudah turun dan masuk pintau atas panggul (PAP) pada minggu ke-36 di­sebabkan oleh mengencangnya otot dinding perut ibu hamil, tarikan kuat liga­mentum yang menyangga rahim, bentuk kepala janin sesuai dengan pintu ataspanggul, gaya berat kepala janin, terjadi­nya kontraksi Braxton Hicks, dan pada multigravida (lebih dari sekali hamil) ke­pala masuk menjelang persalinan.

Bila kepala janin belum masuk pintu atas panggul, terdapat beberapa kemung­kinan yaitu terdapat tali pusat pendek, sejak awal sudah pendek, terdapat lilitan tali pusat pada leher janin, kelainan ben­tuk dan besarnya kepala, kesempitan panggul ibu, atau sebab lainnya. Dengan masuknya kepala janin ke pintau atas panggul terutama hamil pertama mem­berikan petunjuk bahwa tidak terdapat kesempitan panggul.

 Untuk mengusaha­kan agar kepala janin masuk pintu atas panggul dapat dilakukan latihan sebagai berikut:
1.      Sikap badan berdiri tegak dan jongkok
2.      Berdiri dengan berpegangan pada san­daran tempat tidur atau kursi dan jongkok.
3.      Tujuan latihan:
    Dengan jongkok selama beberapa waktu diharapkan tulang panggul melengkung, sehingga rahim terte­kan.
    Sekat rongga badan menekan ra­him sehingga kepala janin dapat masuk pintau atas panggul.
4.      Bentuk latihan:
    Lakukan berdiri dan jongkok, ta­han beberapa saat sehingga tekan­an pada rahim mencapai maksimal untuk memasukkan kepala janin ke pintau atas panggul.
5.      Bentuk latihan lain:
    Membersihkan lantai dengan La­ngan sambil bergerak sehingga ta­kanan sekat rongga badan clan tu­lang belakang menyebabkan ma­suknya kepala janin kedalam pintu atas panggul.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Konsultasi Kehamilan Artikel Populer