Musik klasik untuk ibu hamil - Pengaruh Musik Klasik Terhadap Janin Anda

Musik klasik untuk ibu hamil - Pengaruh Musik Klasik Terhadap Janin Anda

Pada trimester kedua janin mengalami perkembangan cukup cepat, baik ditinaju dari segi kemampuan maupun dari segi ukuran. Salah satu yang penting kemampuan mulai berkembang pada masa ini adalah kemampuan pendengaran. Pada masa ini fungsi pengdengaran merupakan satu-satunya alat komunikasi antar Janin dengan  dunia luar. Ia bias mendengarkan suara disekitarnya melalui pendengarannya. Sekecil apapun suara yang di dengar akan memberikan reaksi pada janin. Dan ibu bisa merasakan reaksi dengan gerakan yang dihasilkan oleh janin. Orang tua mulai memperdengarkan musik pada sang janin pada saat masa-masa terbut, karena indra pendengaran mulai berkembang.

Tapi apakah musik
bisa mencerdaskanbayi Anda? Pendapat ini masih membingungkan di antara para ahli, karena sebenarnya tidak satu studi untuk memastikan bahwa Anda mendengarkan musik ke otak janin dapat membuat anak Anda lebih cerdas atau membuat jenius. "Tidak ada studi tentang efek stimulasi sebelum lahir pada kecerdasan, kreativitas, atau lambat pembangunan," kata Janet DiPietro, psikolog perkembangan yang mempelajari perkembangan janin di Johns Hopkins University di Baltimore, Maryland. (Babycenter.com)

"Intelijen adalah hal yang kompleks," kata David Baron, Kepala Departemen Psikiatri di Temple University School of Medicine, Amerika Serikat. Jadi, sampai sekarang, belum ada bukti langsung bahwa musik merangsang otak janin yang nantinya dapat memiliki IQ tertentu. Bagaimana bisa begitu? "Sekitar 60-80% dari kecerdasan seseorang diturunkan secara genetik," jelasnya.

Namun, janin yang sudah terbiasa mendengar musik klasik yang tenang memang cenderung menjadi anak yang tenang pula. Dia juga mudah untuk tidur nyenyak, mungkinkah hal tersebutdapat berkaitan dengan perkembangan otak? Asal tahu saja, sel-sel saraf di otak akan tumbuh pesat ketika janin sedang tidur. Jika dia tenang, tidur cukupmaka  perkembangan otak menjadi maksimal.

Menjaga kesehatan Anda selama kehamilan dapat meningkatkan kecerdasan janin.

Tidak ada salahnya bagi ibu memperdengarkan musik untuk janin di dalam rahim. Penelitian lain telah menunjukkan bahwa jika seorang wanita hamil memperdengarkan musik tetentu, janin dalam kandungan akan bereaksi dengan gerakan apabila mendengarkan musik yang sering diperdengarkan. Ini menunjukkan seberapa baik janin dalam rahim ketika musik dimainkan. Tapi Anda juga harus tahu bahwa tidak semua musik memiliki efek positif. Penelitian menunjukkan bahwa jenis terbaik dari musik diyakini untuk merangsang perkembangan otak adalah musik klasik.

Mengapa musik klasik? Sampai sekarang alasannya masih diperdebatkan. Ada memberi alasan bahwa mungkin karena music klasik memiliki tempo dan nada yang sangat teratur, sehingga memberikan representasi tersendiri bagi otak. Gambaran ini menunjukkan bahwa dunia memiliki garis-garis yang saling berhubungan meskipun tak terlihat. Kemampuan menggambar garis intelijen tak terlihat yang membuat perbedaan.

Apapun alasan logis di balik ini, bagi wanita hamil bisa melakukan hal-hal sederhana. Namun Anda mungkin tidak menyukai musik klasik, tetapi akan sangat berarti jika Anda memperdengarkannya pada janin, jadi dia akan mendapatkan hal-hal terbaik untuk pertumbuhannya. Tapi selain itu, Anda juga dapat mendengarkan pendapat Janet DiPietro, psikolog perkembangan di Johns Hopkins University, "Memutar musik Karena Anda menikmatinya, karena Anda tidak mencoba untuk membuat bayi Anda belum lahir-pintar. Musik dapat membantu Anda rileks, tertidur, atau gembira  jika Anda memiliki kehamilan yang sehat dan menyenangkan. Ketika seorang wanita rileks, itu bagus untuk janin dan itu efek tidak langsung dari musik pada janin ". Memutar musik karena Anda menyukainya, menikmatinya, dan membuat Anda rileks. Bukan karena mengharapkan jenius bayi. Musik membuat Anda tenang, tidur bahkan menyenangkan. Kadang-kadang membantu Anda jauh lebih tenang saat menghadapi perubahan hormon kehamilan. Dengan tenangnya wanita hamil, dan sedikit risiko ketegangan, tubuh Anda sehat dan nyaman kandungan bagi bayi Anda. Menari dan menggerakkan tubuh saat mendengarkan musik, akan terasa nyaman, ini akan memberikan energi positif pada tubuh untuk diserap oleh bayi Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Konsultasi Kehamilan Artikel Populer