Cara mengetahui kehamilan : Awal Kehidupan

Cara mengetahui kehamilan - Dengan uraian gejala awal kehamilan dapat ditangkap beberapa pengertian tentang "kehidupan" yaitu kehidupan mulai sejak saat pem­buahan, kehidupan mulai sejak saat nidasi, kehidupan mulai sejak saat "nyawa" di­hembuskan, kehidupan mulai sejak ter­bentuknya "batang otak," kehidupan mu­lai sejak terjadi dan dirasakannya gerakan janin.

Dalam sumpah dokter dijumpai "Saya akan menghormati setiap hidup insani mulai dari saat pembuahan." Oleh karena itu masyarakat dokter Indonesia berangga­pan bahwa "hidup insani" mulai dari per­temuan ovum dengan spermatozoa yaitu: pembuahan, fertilisasi, konsepsi atau im­pregnancy. Dapat dilihat bagaimana proses tersebut berlang­sung yang merupakan mata rantai berkesinambungan yang menimbulkan peru­bahan rohani dan jasmani pada ibu yang hamil.

Selama perjalanan menuju lapisan dalam rahim (endometrium) hasil kon­sepsi (zigot) mendapatkan nutrisinya dari sitoplasma sel telur clan mungkin dari koro­na radiata. Dalam perjalanan itu telah terbentuk jonjot sebagai persiapan untuk dapat melakukan penanaman diri dalam rahim. Tertanamnya hasil konsepsi melalui proteolitik-enzimatik mulai lapisan dalam rahim yang kaya akan bahan nutrisi, selan­jutnya pembuluh darah ditembus sehingga mulai mendapatkan nutrisi langsung dari peredaran darah ibu. Berat plasenta pada akhir kehamilan sekitar 500-600 gram, dengan perkiraan luas per­mukaan 10m2. Dengan luas permukaan 10 m2 ini pertukaran nutrisi dapat berlang­sung untuk tumbuh-kembang janin dalam rahim.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Konsultasi Kehamilan Artikel Populer