Gejala awal kehamilan : Proses Terjadinya Kehamilan

Gejala awal kehamilan - Pelepasan telur (ovum) hanya terjadi satu kali setiap bulan, sekitar hari ke – 14 pada siklus menstruasi normal 28 hari. Siklus menstruasi bervariasi pada setiap orang. Untuk menentukan masa suburnya, wanita dapat menggunakan beberapa cara.

Bila pada masa subur terjadi hubungan seks, maka sperma akan ditampung di liang senggama bagian dalam. Setiap milliliter sperma mengandung sekitar 35 – 40 juta spermatozoa, sehingga setiap hubungan seks terdapat sekitar 110 – 120 juta spermatozoa. Setiap spermatozoa membawa kromoson pembawa tanda 22 buah kromoson seks Y untuk laki – laki dan kromosom seks X untuk perempuan. Pada telur (ovum) yang dilepaskan selalu membawa 22 pasang pembawa tanda dan kromosom seks X. Pertemuan spermatozoa Y dengan telur X menjadi zigot laki – laki sedangkan bila spermatozoa X bertemu telur X maka terbentuk zigot perempuan. Perempuan terlaksana setelah telur lepas sekitar 12 jam dan spermatozoa melalui proses kapasitasi disebut fertilizasi, pembuahan “konsepsi” atau impregnacy.
Pemanfaatan sifat dasar spermatozoa adalah mengubah perbandingan yang hidup dan kesempatan untuk melaksanakan pembuahan.
Usaha memanfaatkan sifat dasar spermatozoa dan situasi asam basa vagina dari luar, keberhasilannya belum dapat di pastikan. Di samping itu masalah mendapat­kan keturunan adalah karunia Tuhan Yang Maha Esa, manusia hanya berusaha. De­ngan cara ilmiah dan mempergunakan alas canggih sudah dapat dipastikan keberha­silannya melalui pemisahan spermatozoa X dan Y, diusahakan untuk melakukan fertilisasi buatan yaitu langsung dimasuk­kan kedalam vagina dan uterus pada masa subur, dan pembuahan di laboratorium (bayi tabung) dan penanaman kembali dalam bentuk zigot di rahim. Pelaksanaan ini sudah tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit, sehingga mereka yang mam­pu saja dapat memenuhi keinginan. Apa yang kami jabarkan di sini adalah untuk kepentingan masyarakat dengan biaya ri­ngan, tanpa mengurangi keintiman hu­bungan seksual. Bila berhasil dapat di­pastikan sangat membantu gerakan keluarga berencana nasional yang berorientasi pada "catur warga" atau generasi peng­ganti (zero population growth). Motto dalam upaya mendapatkan jenis kelamin anak sebaiknya adalah dengan "doa dan usaha."
Setelah masuknya kepala spermatozoa kedalam telur (ovum) dengan me­ninggalkan ekornya, terjadilah pertemuan inti masing-masing dengan kromosom mencari pasangannya. Mula-mula terjadi pembelahan menjadi dua dan seterusnya sehingga seluruh ruangan telur (ovum) penuh dengan hasil pembelahan sel, dan disebut morula. pembelahan berlangsung terns sehingga bagian dalam terbentuk ruangan yang mengandung cairan disebut blastokist. Sementara itu bagian luar dinding telur (ovum) timbal rumbai-rumbai yang disebut villi yang akan berguna untuk menanamkan diri pada lapisan dalam rahim, yang telah siap menerima dalam bentuk reaksi desidua.
Hasil konsepsi dalam bentuk blastokist yang mempunyai rumbai (villi korealis) dapat menanamkan diri pada dinding ra­him melalui proses proteolitik-enzimatik dan disebut nidasi atau implantasi. Sejak saat terjadinya konsepsi, fertilisasi, impreg­nancy sampai mampu mananamkan diri diperlukan waktu sekitar 6-7 hari. Dalam kalangan ilmu kedokteran masih terdapat masalah yang memperbincangkan kapan sebenarnya kehamilan itu terjadi. Berbagai pendapat untuk menerangkan saat yang tepat terjadi kehidupan dapat pada Uraian berikut ini :
# Telur dan spermatozoa merupakan sel tubuh yang hidup tetapi mempunyai energi yang terbatas. Bila tidak dapat bertemu satu dengan lainnya akan mati dengan sendirinya, karena kehabisan tenaga dan nutrisi.
# Bila keduanya bertemu maka kombinasi kekuatan hidupnya, tidak terbatas sampai terjadi kelahiran dalam bentuk bayi.
# Jangka waktu hidupnya masih dibatasi oleh tidak mampu melakukan 'nidasi' maka tenaga dan nutrisinya habis dan mati dengan sendirinya, terjadi 'nidasi'dalam tuba fallopi maka tuba tidak mampu berkembang sampai besar dan pecah. Hasil konsepsi terlempar keluar dan mengalami kematian, nidasi dalam rahim, dapat terjadi kegagalan sehingga keguguran berlangsung.
# Pertemuan telur-spermatozoa, nidasi, tumbuh-kembang dalam rahim merupakan mata rantai yang berkesinambungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Kehamilan Artikel Populer