Tips Melahirkan Normal dan Lancar


http://konsultasi-kehamilan.blogspot.com/2015/03/tips-melahirkan-normal-dan-lancar.html


Tips Melahirkan Normal dan Lancar - Berikut ini ada beberapa tips melahirkan secara normal dan mudah yang bisa dilakukan oleh sang Ibu.

Menjaga Kesehatan Calon Ibu dan AnakKetika sedang hamil, kesehatan merupakan salah satu hal yang paling penting dan harus diperhatikan dengan serius. Kebanyakan wanita hamil pasti mengalami muntah, pusing kepala, atau kecapekan yang lebih sering dan berat daripada sebelum mengalami hamil. Hal ini sebenarnya normal dan dirasakan hampir semua wanita yang sedang hamil.  Namun jika masalah kehamilan ini dirasa sangat berat dan sangat menganggu, segeralah konsultasi dengan dokter. Turutilah semua nasihat dokter. Jadikan dokter dan bidan sebagai sahabat dekat Anda sehingga Anda dapat berkonsultasi kapanpun dengan lebih leluasa.

Olahraga dan TerapiKemudian tips selanjutanya adalah sang ibu wajib untuk berolahraga ringan secara rutin. Selain menjaga asupan makanan, wanita hamil juga harus berolahraga dengan teratur. Olahraga ini dapat dipercaya untuk melancarkan proses kelahiran bayi. Perlu anda ingat bahwa sebelum melakukan olahraga, terlebih dahulu konsultasikan dengan dokter anda.

Jika tidak berolahraga sama sekali dan jarang beraktifitas meskipun olahraga ringan, otot-otot Anda akan menjadi lemah. Oleh karena itu, wanita hamil sebaiknya hindari bermalas-malasan. Beraktifitaslah seperti biasa selagi Anda masih kuat. Jika anda merasa sakit atau pusing, silahkan berhenti dulu untuk sementara.

Jika dirasa perlu, Anda dapat melakukan terapi pijat sebagai salah satu alternatif kedua selain berolahraga secara teratur. Terapi pijat ini dapat membantu anda untuk melancarkan proses persalinan. Akan tetapi jangan melakukan terapi pijat dengan sembarangan. Hanya terapis yang sudah berpengalaman saja yang dapat memijat ibu hamil. Memijat ibu hamil perlu membutuhkan teknik tertentu agar tidak membahayakan janin yang berada dalam kandungan anda.

Olahraga ini juga dapat berfungsi untuk bekal mempersiapkan posisi bayi. Menjelang proses persalinan, jagalah badan dan pikiran anda tetap rileks (SANTAI). Hal ini dapat dilatih dengan membiasakan diri mendengar bacaan lantunan ayat suci Al-Qur’an sejak awal kehamilan. Jangan lupa terus berdoa setiap selesai sholat atau setiap saat agar persalinan anda dapat berjalan dengan lancar.

Jika terjadi kontraksi, usahakan anda tetap tenang dan usahakan juga  posisi badan Anda tegak agar dapat mempercepat proses pembukaan. Selain itu sering-seringlah menarik nafas panjang ketika sedang mengalami kontraksi. Hal ini merupakan tips yang paling mudah dan ampuh untuk meredakan nyeri. Ketika sudah siap mengejan, dengarkanlan dengan seksama instruksi dari bidan dan perawat.

Sebagai tambahan, Jika anda sedang mencari referensi tips melahirkan dalam bentuk video maka mungkin video dari www.Youtube.com ini bisa membantu anda, klik https://www.youtube.com/watch?v=Vmc34PKLmQk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Kehamilan Artikel Populer