Yoghurt Untuk Ibu Hamil



http://konsultasi-kehamilan.blogspot.com/2013/01/makanan-yang-dilarang-untuk-ibu-hamil.html


Yoghurt Untuk Ibu Hamil - Tanya: kenapa Berat badan saya ini masih sama dengan sebelum hamil, yaitu sekitar 45 kg. Seorang teman saya menganjurkan saya untuk mengonsumsi yoghurt yang katanya itu mengandung bakteri yang baik untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Apakah yoghurt itu bisa di olah, misalnya di jadikan puding? Adakah makanan lain yang mungkin sebaiknya saya konsumsi?  Saya hamil sudah 10 minggu, tinggi badan saya 154 cm.

Jawab: Pada saat usia kehamilan trimester pertama, untuk penambahan berat badan memang sangat lambat. Menurut IMT (indeks massa tubuh): berat badan Anda sebelum hamil ini adalah normal, jadi sehingga selama hamil di anjurkan untuk menaikkan berat badan 11,5 – 16 kg. dan cara untuk mencapainya, Anda di harus memenuhi kebutuhan gizi dengan baik. Kebutuhan kalori ibu hamil yang berusia 19 – 29 tahun adalah 2200 Kalori berasal dari 1900 Kalori di tambah 300 Kalori.

Selama kehamilan, Anda di harus menjaga kesehatan secara menyeluruh, untuk makan dan istirahat secara teratur, serta untuk menghindari hal-hal yang bisa merugikan, seperti contohnya dengan melakukan aktivitas yang berat dan juga mengonsumsi makanan yang dapat menimbulkan gangguan pada kesehatan.

Sebaiknya pilihlah makanan segar dan di olah secara tepat. Selain itu juga, perbanyaklah untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, di karena selain kaya vitamin, juga ada kandungan antioksidan yang sangat baik di karenakan bisa melawan radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh sehat.

Lalu, bagaimana kalau dengan yoghurt? Nilai utama pada yoghurt adalah sumber protein dan juga kalsium. Yoghurt itu di buat dari susu yang di fermentasi dengan menggunakan bakteri seperti Lactobacillus bulgaricus dan juga Streptococcus thermophilus. Bakteri ini yang di sebut sebagai bakteri “baik” yang bisa melawan bakteri “jahat”. Dipasaran bisa di temukan beberapa jenis yoghurt, seperti contohnya jenis yoghurt tawar (plain) dan ada juga yang diberi zat untuk penambah cita rasa. Sayangnya, yoghurt itu tidak bisa dipanaskan ataupun dimasak. Jika Anda mengiginkan variasi, bisa anda konsumsi sebagai saus puding buah atau bisa juga sebagai topping aneka buah campur segar. 

1 komentar:

  1. Dokter, saya minum yogurt kok malah mencret yaa. ini karna apa? apa harus terus minum? makasih jawabanny di tunggu di email saya ya aminhamzah@yahoo.com

    BalasHapus

Konsultasi Kehamilan Artikel Populer