Inilah Perubahan di Tubuh Ibu Hamil yang Bisa Bikin Malu



Kehamilan membawa banyak perubahan pada tubuh wanita, ada yang membuatnya makin cantik atau malah memalukan. Setidaknya ada 6 perubahan yang bisa bikin ibu hamil malu.

Hamil adalah salah satu masa di kehidupan wanita yang paling membahagiakan. Tapi di sisi lain, perut yang membesar dan berbagai perubahan di tubuh wanita hamil bisa membuatnya tidak nyaman atau malah memalukan.

Berikut 6 perubahan di tubuh ibu hamil yang bisa bikin malu, seperti dilansir Onlymyhealth, Senin (3/6/2013):

1. Morning sickness

Sebagian besar ibu hamil mengalami mual pada beberapa bulan kehamilan. Itu membuat wanita lebih sensitif dan harus bolak-balik kamar mandi. Bau dan makanan tertentu bisa membuatnya berjuang keras menghadapi morning sickness.

2. Pembengkakan

Lebih dari setengah wanita hamil mengalami edema atau pembengkakan, ekstremitas (terutama pada tangan dan kaki) dan wajah selama masa kehamilan. Wanita dengan edema disarankan untuk rajin berenang karena meningkatkan sirkulasi dan meniadakan efek gravitasi.

Selain itu, modifikasi diet dan gaya hidup dapat mengurangi pembengkakan. Untuk mencegah pembengkakan tangan dan kaki selama kehamilan, wanita harus mengurangi asupan natrium, memakai pakaian longgar dan hindari berdiri atau duduk dalam posisi yang sama terlalu lama.

3. Jerawat

Perubahan hormonal khususnya berkaitan dengan progesteron dan estrogen dapat membuat wajah ibu hamil penuh jerawat. Kelenjar sebaceous di kulit wajah menjadi hiperaktif pada kehamilan karena aktivitas hormonal yang meningkat, yang dapat menyebabkan masalah kulit.

4. Perut kembung

Perut kembung atau masalah gas adalah keluhan umum yang dilaporkan oleh wanita hamil. Selama kehamilan, masalah gas dapat timbul karena rahim yang sedang berkembang dan tumbuh seukuran janin.

Selain itu, makanan saat hamil seperti produk susu, buah-buahan, dan sayuran memiliki gula sederhana yang membuat sistem pencernaan memproduksi lebih banyak gas.

5. Inkontinensia (tidak bisa menahan keinginan buang air kecil)

Selama kehamilan, wanita mungkin mengalami inkontinensia stres. Urine dapat bocor tanpa disadari, hanya dengan bersin, tertawa atau batuk.

6. Rambut lebih banyak di wajah

Perubahan hormonal selama kehamilan dapat membuat rambut tumbuh di tempat yang tidak diinginkan seperti wajah. Selama masa itu, wanita mungkin memiliki rambut di perut dan payudara.
(mer/vta)

1 komentar:

  1. Mohon dibagi tips-tipsnya bagaimana cara agar seorang ibu yang sedang hamil tidak malu saat terjadi perubahan-perubahan fisik tubuhnya?

    BalasHapus

Konsultasi Kehamilan Artikel Populer