Tanda-tanda kehamilan pasti - Yang Harus Anda Ketahui Tentang Akurasi Uji Kehamilan


Tanda-tanda kehamilan pasti - Yang Harus Anda Ketahui Tentang Akurasi Uji Kehamilan

Memperoleh diagnosis awal kehamilan sangat penting untuk kepentingan  medis. Ada banyak pilihan yang tersedia untuk melakukan  tes kehamilan  salah satunya  menggunakan tes kehamilan di rumah atau mengunjungi dokter keluarga Anda, klinik keluarga berencana, atau seorang ahli kimia di mana pengujian dapat dilakukan oleh apoteker. Tes kehamilan mendeteksi adanya hormon ( HCG ) dalam urin atau darah. Hormon ini diproduksi oleh tubuh wanita ketika ovum dibuahi dan menempel pada rahim.

Cara yang paling populer untuk menguji kehamilan adalah dengan menggunakan peralatan tes kehamilan di rumah. Pada kebanyakan wanita , HCG mulai diproduksi enam hari setelah pembuahan dan tingkat kenaikan HCG setiap harinya rata-rata meningkat dua kali lipat setiap dua hari . sedangkan dilaboratorium HCG dapat terdeteksi sekitar satu minggu setelah pembuahan.

hasil dari tes kehamilan dapat agak menyesatkan terutama jika alat yang anda pakai menjanjikan  hasil yang akurat jika Anda mengambil tes pada hari pertama keterlambatan haid anda,dan hasilnya tidak terlihat . Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Dr Laurence Cole dan peneliti lainnya di University of New Mexico , akurasi hasil tes kehamilan yang terlalu dini sangat menipu . Alasannya  adalah bahwa ada tingkat tinggi variasi dalam jumlah  HCG yang ada dalam urin setelah implantasi terjadi . Para peneliti mencatat bahwa sebagian besar tes tidak cukup sensitif untuk mendeteksi hormon dalam urin pada hari pertama atau kedua setelah seorang wanita menantikan haid .

Kapankah seharusnya tes dilakukan untuk memastikan kehamilan

Tes yang anda lakukan dirumah 97 sampai 99 persen dengan alat tes kehamilan adalah benar setelah kehamilan anda lebih lama . oleh karena itu menunggu setidaknya satu minggu setelah Anda mengalami keterlambatan haid Anda untuk melakukan tes kehamilan . Intinya adalah bahwa Anda harus menunggu selama mungkin sebelum melakukan pengujian  kehamilan di rumah .

Membaca hasil tes

Hasil tes mungkin sulit atau mudah untuk dibaca tergantung pada bentuk alat tes kehamilan  . Anda dapat dengan mudah membaca hasil jika Anda menggunakan alat tes yang memiliki  simbol atau garis dan latar belakang yang cukup kontras . Beberapa merek alat tes kehamilan  menunjukkan bahwa  mungkin muncul penguapan jika Anda meninggalkan alat tes untuk  rentang waktu tertentu . Garis ini dapat membuat anda  lebih sulit untuk membaca hasil dengan  akurat .

Hasil tes negatif

Hasil tes negatif palsu dapat terjadi dalam situasi berikut .

• Jika urin encer - Jika Anda minum banyak cairan sebelum melakukan tes , ada kemungkinan besar bahwa hasilnya tidak akan akurat . Untuk memastikan akurasi tes kehamilan , banyak alat tes menyarankan bahwa Anda harus melakukan tes di pagi hari setelah Anda bangun . Alasan untuk ini adalah bahwa ini adalah waktu ketika urin dalam bentuk yang paling terkonsentrasi .

• Jika batas waktu tes benar - Anda dapat memastikan tes kehamilan anda benar  dalam waktu lima belas menit pada air kencing . Anda harus mengikuti instruksi pada alat tes  untuk mengetahui berapa lama Anda harus menunggu untuk mendapatkan hasil tes . Pastikan bahwa Anda tidak terlalu cepat dalam melakukan tes pada air kencing karena ini dapat menyebabkan hasil tes negatif .

Jika Anda mendapatkan hasil tes negatif  padahal anda sudah memenuhi persyaratan yang ada ,maka  anda harus mengambil tes lain . Jika Anda masih gagal untuk mendapatkan hasil yang positif dan haid belum dimulai , Anda harus berkonsultasi dengan tenaga profesional kesehatan Anda untuk mengetahui apa yang sedang terjadi . Keadaan seperti olahraga berlebihan , stres , ketidakseimbangan hormon dan penyakit dapat menyebabkan terlambat haid . Dokter Anda dapat memberitahu Anda apa yang menyebabkan masalah dan membantu memastikan bahwa siklus menstruasi Anda kembali normal .

Hasil tes positif

Umumnya , jika Anda mendapatkan hasil yang positif , ini menunjukkan bahwa Anda sedang hamil. Namun,  mungkin anda mendapatkan hasil positif palsu . Ini adalah hasil yang menunjukkan bahwa Anda sedang hamil tetapi sebenarnya Anda tidak hamil . Hal ini sangat jarang terjadi tetapi Anda dapat memperoleh hasil positif palsu jika ;

• Ada jejak protein atau darah dalam urin Anda .

• Anda minum obat  yang mengandung HCG seperti Ovidrel , Novarel , Chorex dan Pregnyl

• Kehamilan test kit yang Anda gunakan rusak atau kedaluwarsa .

• Anda mengalami diuretik .

• Anda mengalami kehamilan kimia. Jenis kehamilan terjadi setelah penempelan telur yang sudah dibuahi di dalam rahim , berkembang untuk memicu produksi HCG dan kemudian berhenti berkembang karena alasan tertentu  . Sekitar 30-50 persen dari semua telur yang dibuahi menjadi kehamilan kimia akibat kelainan atau kondisi lain yang menghambat perkembangan lebih lanjut . Jika ini terjadi, Anda mungkin mendapatkan haid lebih dari biasanya terjadi dan mungkin lebih berat dari biasanya .

• Anda menggunakan alat tes yang  cacat .

Bagaimana Mendapatkan alat tes kehamilan

Anda dapat membelialat tes kehamilan di rumah dari toko obat , toko dan online . Harga rata-rata alat ini berkisar 10-20 ribu rupiah, tergantung pada jumlah alat tes dalam satu kemasan dan merek . Beberapa alat terdapat dua alat tes dalam satu kemasan .

Apa yang harus dilakukan jika tes Anda positif

Jika hasil tes positif , Anda harus berkonsultasi dengan  tenaga kesehatan yang dapat melakukan tes darah atau pemeriksaan panggul untuk mengkonfirmasi bahwa Anda benar-benar sedang hamil . Anda juga dapat berkonsultasi dengan tenaga kesehatan jika Anda  mendapatkan hasil yang beragam setelah menggunakan tes  kehamilan rumah . Mengetahui apakah Anda hamil atau tidak sesegera mungkin adalah penting karena Anda dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memastikan kehamilan yang sukses atau untuk memecahkan masalah dengan siklus menstruasi Anda.

1 komentar:

  1. Makasih infonya. Kalau mau lihat tanda-tanda lainnya silakan cek disini: http://bit.ly/1fPA2nO :)

    BalasHapus

Konsultasi Kehamilan Artikel Populer