Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Selama kehamilan ini, saya benar-benar suka makan buah, tapi kadang-kadang membingungkan buah yang baik bagi ibu hamil? Jelas bahwa durian dan nanas tidak boleh banyak. Buah apa yang diperbolehkan banyak dikonsumsi?

Semua buah baik dan mengandung vitamin, asalkan kita tahu ukurannya.
Seperti nanas ketika kita makan nanas terlalu banyak di perut akan membuat asam lambung menjadi naik. Begitu mudah ditebak jika kita mengkonsumsi terlalu banyak seperti nanas yang kita habiskan, perut bengkak itu karena asam lambung dalam soda bereaksi, akhirnya terjadi kita diare / muntah-muntah dan perut kram.

Sementara buah-buahan seperti durian, nangka dan cempedak akan menjadi reaksi terhadap alkohol yang menyebabkan perut kita akan terasa panas sama sekali dan akhirnya muntah-muntah dan diaree. Oleh karena itu jika kita sedang hamil, maka Anda harus berhati-hati dengan buah-buahan sesuai dengan dampak yang disebabkannya.

Apa jenis buah dianjurkan untuk wanita hamil:
- Tomat
- Pepaya, pepaya semua kaya akan vitamin C
- Mango
- Sweet orange
- Grapefruit
- Pisang, pisang kaya akan kalsium
- Dan masih banyak lagi buah-buahan yang lain, seperti rambutan, semangka, bangkoang, manggis, sawo, dll

Selama kehamilan coba super berhati-hati dengan buah salak, karena wanita hamil harus makan makanan yang tidak mengakibatkan kontipasi – B.A.B keras dan sulit.

Snack Sehat Buat Ibu Hamil

Tidak ada yang lain selain buah. Saya mendapatkan saran dari para ahli gizi dari dinas kesehatan  untuk makan buah sebagai makan camilan sehat. Karena kurang bagus kelebihan berat badan jika meningkat selama kehamilan akhirnya saya mencoba berteman dengan buah itu.

Pada dasarn ya makan snack roti atau biskuit sebenarnya banyak mengandung karbohidrat tapi coba perbaiki dengan makan buah sebagai camilan. Buah selain mengenyangkan karena mengandung banyak serat juga sehat sebab mengandung banyak vitamin dan multi-mineral. Dan jika Anda makan banyak buah itu akan membuat kebaikan bagi tubuh kita.
Kadang-kadang banyak orang yang menggemari buah jeruk, pisang. Alasan mereka sangat sederhana, karena praktis dan tidak perlu di cuci. Tapi banyak juga contoh buah yang memberi manfaat lainnya. Berikut manfaat dari beberapa buah-buahan yang bisa kita konsumsi.
 

Apel
Kombinasi kandungan garam mineral dan pektin dalam apel, serta kandungan asam dioksalik pada bayam membentuk substansi unik yang memenuhi dinding usus dan melalui gerakan kimia yang kuat tapi aman "release" kotoran di usus besar yang telah menetap untuk hari, bulan dan bulan atau bahkan bertahun-tahun. Zat pektin dalam apel juga mampu menurunkan kolesterol dan trigliserida yang mengganggu fungsi jantung.

Alpukat
Kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalamnya tidak hanya sumber energi yang melimpah yang dibutuhkan pada saat puasa, tapi juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi.

Pisang
Buah pisang mempunyai manfaat pada lapisan lembut dinding lambung dan usus sehingga dapat menjadi anti-inflamasi. Pisang sangat membantu bagi mereka yang memiliki masalah peradangan lambung atau usus. Karena daging pisang sangat lembut, dianjurkan untuk tidak digunakan sebagai jus.

Belewah
Isi dari beta-karoten, pro-vitamin A, magnesium, seng mangan, dan kromium pada belewah dapat mengurangi peradangan dan memulihkan jaringan usus serta peradangan yang cedera. Gula alami dan enzim yang terkandung belewah memiliki fungsi penyerapan pada usus yang disebabkan makan makanan tergesa-gesa shingga tidak dikunyah dengan baik, makan terlalu banyak makanan pedas, deposisi obat, atau mual akibat kecemasan yang berlebihan.

Jeruk
Jus jeruk mengandung vitamin C sangat baik karena selain menstimulasi sistem kekebalan tubuh, juga menghilangkan sumbatan lendir di hidung, tenggorokan, paru-paru dan perut. Berguna untuk membersihkan hati dan mengurangi rasa nyeri di tubuh akibat influenza. Campuran air jeruk nipis dan madu sangat berkhasiat menyembuhkan radang tenggorokan dan amandel. Bagi mereka yang memiliki gangguan lambung, tentu saja, pilih buah jeruk yang tidak terlalu asam.

Kurma
Kandungan gula yang tinggi membuat buah kurma menghasilkan energi tinggi. Bahkan ada legenda bahwa Nabi Muhammad SAW berbuka puasa hanya dengan 3 butir kurma, tentunya yang berkualitas tinggi. Kadar gula kurma membantu menyembuhkan luka. Hati-hati bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes, jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah ini.

Pepaya Dan Mangga
Campuran pepaya dan jus mangga mengandung karbohidrat tinggi dan enzim. Jus segar ini bermanfaat dalam menanggulangi pembengkakan dan peradangan, gangguan pencernaan, dan demam. Jus mangga sendiri dapat mengurangi dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah. Sementara pepaya membantu memperlancae buang air besar dan mengatasi sembelit.

Pear
Mengkonsumsi buah pear dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan di perut akibat kadar asam yang berlebihan yang berasal dari makanan berkalori tinggi, berminyak dan pedas. Jus buah pir juga dapat dicampur dengan apel dan sedikit air jeruk.

Nanas
Enzim bromealin dalam nanas melarutkan lendir yang sangat kental dalam sistem pencernaan sehingga juga dapat menghancurkan bisul bila ada. Masakan yang dibuat dengan 250 gram nanas diiris, 60 gram ayam cincang dan merica secukupnya dan kemudian digoreng untuk mengatasi gejala penyakit darah rendah lemasnya kaki dan tangan.

Delima
Di Irak dan Iran, jus delima yang digunakan sebagai kumur sebelum diminum membantu membersihkan mulut dan gigi, serta mencegah infeksi sehingga membantu menghilangkan bau mulut. Makan perlahan-lahan buah delima dan buang bijinya dapat membersihkan suara serak dan tenggorokan kering. Manfaat lainnya, zat tanin dalam buah delima dapat membius cacing gelang, cacing kremi dan cacing pita dalam usus sehingga mereka dapat dihilangkan melalui BAB. Metode ini biasanya digunakan oleh penduduk Mesir dan Vietnam.

Tomat
Jus tomat segar sangat membantu pembentukan glycogen dalam liver. Menurut penelitian ditemukan bahwa jus tomat menyeimbangkan fungsi liver dengan cepat dan dengan demikian berarti menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Mineral garam yang kaya dalam tomat meningkatkan nafsu makan dan merangsang aliran air liur, sehingga memungkinkan makanan untuk dicerna dengan baik. Konsumsi tomat yang teratur membantu mengobati anoreksia (kehilangan nafsu makan).

Semangka
Terlalu banyak konsumsi daging, permen, gorengan, kopi dan minuman ringan sering membuat darah terlalu banyak dan menyebabkan kandungan asam bintik-bintik merah pada kulit. Jus semangka akan menghancurkan asam dan meningkatkan konten darah. Untuk penderita diabetes, mengkonsumsi secara teratur jus semangka dapat menjaga meningkatnya gula darah. Kelebihan kandungan asam urat di dalam tubuh yang menyebabkan arthritis, gout, dan keracunan urea dapat dihilangkan dengan minum jus semangka dua kali sehari secara teratur.

Lengkeng
Buah ini mengandung banyak sukrosa, glukosa, asam lemak protein, tartaric, vitamin A dan B. Sebagai sumber energi, buah yang sangat manis ini berguna untuk meningkatkan stamina sehabis sakit. Kelengkeng sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi bagi wanita hamil yang lemah atau setelah melahirkan. Makan buah cukup teratur dapat meningkatkan nafsu makan, mencegah anemia dan pemutihan rambut secara dini. Selain itu akan mempercepat penyembuhan luka. Awas, konsumsi secukupnya saja, kalau kelebihan, akan membuat tubuh menjadi panas akibat kelebihan energi.

Belimbing
Minum atau makan buah belimbing secara teratur dapat mencegah dan mengatasi infeksi mulut dan tenggorokan. Belimbing dicampur dengan madu juga dapat membantu mencegah dan mengatasi kencing batu.

Leci
Selain protein, lemak, vitamin C, fosfor, dan zat besi, lychee buah mengandung sukrosa dan glukosa melimpah. Mengonsumsi buah leci pada malam hari dapat menambah cadangan energi untuk keesokan harinya.

Kelapa
Air kelapa mengandung sukrosa, fruktosa, dan glukosa, sedangkan daging dari tiga hal di atas juga mengandung protein, lemak, vitamin dan tentunya minyak kelapa. Minum air kelapa dan makan daging dapat mengurangi kegerahan, mulut kering, demam dengan kehausan dan diabetes. Selain itu, minum air kelapa dipercaya dapat menghilangkan racun dalam darah. Perhatian, terlalu banyak minum air kelapa menyebabkan rasa sedikit rasa lemas sementara tubuh terasa kelelahan. Bagi mereka yang memiliki gangguan tulang jangan mengkonsumsi banyak air kelapa. Buah-buahan merupakan sumber makanan alami yang paling siap untuk langsung dikonsumsi manusia, sayang kadang kala dilupakan. Dengan penjelasan di atas, buah mungkin tidak lagi dilupakan sebagai makanan yang wajib dikonsumsi.

Kedondong
Dikenal di berbagai belahan dunia manfaat obat dari buah, daun dan kulit kayu, dan dari beberapa negara dilaporkan adanya pengobatan borok, luka kulit, dan luka bakar. Per 100 gram bagian yang dapat dimakan dari buah mengandung 60-85 gram air, 0,5 sampai 0,8 gram protein, 0,3 sampai 1,8 gram lemak, 8 sampai 10,5 gram sukrosa, 0,85-3,60 gram serat. Pulp merupakan sumber yang baik dari vitamin C dan zat besi, buah yang belum matang mengandung pektin sekitar 10%.

Salak
Adalah buah tropis yang saat ini banyak diminati oleh orang Jepang, Amerika dan Eropa, serta Indonesia sendiri. Buah-buahan memiliki kandungan gizi yang tinggi, dapat dikonsumsi sebagai buah segar ataupun juga dapat dibuat manisan. Dan tentu salak mengandung  unsur kalsium yang baik.

21 komentar:

  1. Apel bagus nggax

    http://sahabatgis.blogspot.com/2013/02/tips-cepat-hamil-solusi-bagi-yang.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa kehamilan adalah masa" yang begitu penting, jadi harus mengkonsumsi makanan yang sehat agar bayi sehat juga , ibu pun sehat :)

      Hapus
  2. APLIKASI KARTU KREDIT DAN KTA (PERSONAL LOANS) ONLINE.
    INGIN BUAT KARTU KREDIT ATAU KREDIT TANPA AGUNAN?
    SAYA BANTU BUAT.
    Apakah Anda merencanakan pernikahan, merenovasi rumah, membayar uang sekolah anak-anak, atau bahkan mengajak orang-orang tercinta dalam perjalanan liburan Anda? Personal Loan dapat membuat hidup Anda lebih mudah. Produk pinjaman kami juga tersedia jika Anda ingin melakukan pembelian lainnya.
    Dapatkan Manfaat Dari Personal Loan Kami.
    fasilitas :
    Dapatkan Manfaat Dari Personal Loan Kami :
    * Jumlah pinjaman hingga IDR 200 juta.
    * Tanpa agunan, persyaratan mudah dan proses yang cepat.
    * Pembayaran dengan cicilan tetap dan terjangkau setiap bulan.
    * Perlindungan asuransi jiwa dari kewajiban pelunasan seluruh hutang apabila Anda mengalami musibah.
    Tarif dan biaya.
    * Untuk pinjaman >= 30 juta maka biaya adminitrasi (provisi) dikenakan 1,75% sudah termasuk biaya asuransi.
    * Sedangkan pinjaman < 30 juta maka biaya adminitrasi (provisi) dikenakan 3,5% sudah termasuk biaya asuransi.
    * Biaya Materai 6.000 (di form aplikasi).
    * Biaya Keterlambatan, 5% dari pembayaran bulanan atau IDR 60,000 yang mana lebih tinggi.
    * Pelunasan Dini, 5% dari sisa pokok terhutang[/spoiler].
    ANZ Semarang Jl. Pandanaran No. 46
    Semarang 50243 P: +62 24 845 6718.
    F: +62 24 845 6719 Tanya Secara Online.
    085 229 348 635 ( chairul saito utomo ).
    herbalmodern.blogspot.com
    duniabuana@rocketmail.com
    kantor cabang jl bulustalan 4 no 148 semarang.
    info hub 085229348635.

    BalasHapus
  3. tambahan,, buah naga juga baik loh bagi ibu hamil, secara umum semua buah memang baik,,, terimakasih

    BalasHapus
  4. Buah belimbing bagus ga ya buat ibu hamil?

    BalasHapus
  5. buah-buahan sehat untuk ibu hamil sangat penting u memenuhi kebutuhan nutrisi. artikelnya bermanfaat ;)

    BalasHapus
  6. Bumil konsumsi makanan sehat, babynya pasti juga sehat;-)

    BalasHapus
  7. Apakah ibu hamil boleh makan yang pedas-pedas pak? terimakasih telah memberi ilmu mengenai Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil.

    BalasHapus
  8. buat bumil, sering berkunjung ke sini ya, artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  9. buah-buahan sangat bagus untuk ibu hamil

    BalasHapus
  10. Ibu hamil sebaiknya jangan memakan buah pepaya yang masih setengah matang (mengkal), tapi makan yang sudah benar-benar matang. Begitu pula jangan makan daun pepaya.

    BalasHapus
  11. ternyata banyak buah yang baik untuk ibu hamil. Leci selain kandungan airnya juga banyak ternyata baik untuk bumil. nice info.

    BalasHapus
  12. Beuh lengkap betul daftar buah yang baik untuk ibu hamilnya. Makasih banyak ya Admin, Tapi saya mau sekalitgus tanya kalo jengkol boleh gak ya dikonsumsi selama kehamilan? Maksih.

    BalasHapus
  13. buah alpukat aman gak ya kalo dibuat jus dingin untuk ibu hamil.? mau minum jus alpukat dingin masih ragu-ragu, takut berbahaya buat kehamilan.
    terima kasih
    tips mengatasi kantung mata

    BalasHapus
  14. Trims buat artikel yang manfaat banget, ijin buat share ke yang lain ya

    BalasHapus
  15. Sangat baik bila buah berasal dari buah organik, bebas bahan kimia sehingga baik bagi janin

    BalasHapus

Konsultasi Kehamilan Artikel Populer