Susu Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Susu Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Susu ibu hamil merupakan tambahan/penyempurna makanan ibu hamil. Kandungan nutrisi didalam susu ibu hamil dapat menambah ataupun menutupi kebutuhan ibu hamil asam folat, protein, AA dan juga DHA selama kehamilan. Dengan memilikinya kandungan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, jadi susu ibu hamil baik untuk dikonsumsi, tetapi bukan berarti merupakan kewajiban bagi ibu hamil untuk dikonsumsi. Sebetulnya nutrisi dan gizi diperlukan ibu hamil terdapat dalam makanan keseharian. Jika ibu hamil mengandalkan nutrisi dan kebutuhan gizi hanya dari susu, merupakan salah kaprah. Jangan sampai beranggapan jika sudah minum susu maka sudah dijamin sehat tidak akan kekurangan nutrisi, pendapat inipun salah. Susu ibu hamil tetap harus dijadikan pelengkap didalam pemenuhan gizi ibu hamil, sumber utamanya harus dari makanan sehari-hari. Jika, kondisi ibu hamil mengalami kekurangan gizi, diakibat nafsu makan yang berkurang.

Jika mengkonsumsi susu ibu hamil perhatikan kandungan susu yang terkandung didalamnya. Jika kehamilan ditrimester pertama, disarankan mengkonsumsi susu yang mengandungan vitamin B6 lebih, ini berguna membantu mengatasi morning sickness. Perhatikan juga kandungan asam folat dan kandungan DHA, karena kehamilan awal janin membutuhkan nutrisi untuk membentuk saraf dan otak. Saat trimester 2 dan 3, konsumsi susu ibu hamil yang mengandung zat besi, nutrisi ini untuk menghindarkan ibu hamil terkena anemia dan terjadi lahir prematur. Perhatikan kandungan zat fruktooligosakarida (fos) guna menghindarkan ibu hamil mengalami konstipasi, perhatikan kandungan kalsiumnya. Kalsium di perlukan pembentukan tulang dan gigi janin mencegah osteoporosis dikarena janin mengambil kalsium dari ibu hamil.

Pilih mana susu sapi/susu kedelai? Kedua jenis susu ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Susu sapi dianggap susu yang baik ibu hamil, karena kandungan nutrisi cukup ideal jika untuk mmenuhi kebutuhan protein, susu sapi mengandung gula susu, kalori, vitamin dan juga mineral yang baik. Tetapi untuk urusan kandungan zat besi, maka susu kedelai memliki kelebihan disbanding susu sapi. Rasa susu sapi lebih eneg dibanding susu kedelai.

Saat hamil, jika ibu hamil ingin minum susu, baiknya susu khusus ibu hamil yang dikonsumsi, susu full cream biasa boleh dikonsumsi, karena kandungannya hampir sama, cuman ada yang ditambahkan kandungan pada susu ibu hamil, seperti menambahkan asam folat, namun asam folat juga bisa didapat dari hati sapi dan kacang-kacangan.

Mengkonsumsi susu jangan berlebih. Karena kandungan nutirisi yang didapat oleh ibu hamil berlebih akan membahayakan  ibu hamil sendiri dan janinnya. Disarankan maksimal dua gelas sehari cukup. Jika ibu hamil tidak mengalami masalah konsumsi makanan dan nutrisi yang di kandungnya, tidak menum susu ibu hamil tidak apa-apa. Jadikan susu ibu hamil hanya untuk sebagai pelengkap, jangan di jadikan asupan utama mendapatkan nutrisi dan gizi. Ibu hamil haruslah tetap mendapatkan nutrisi dan gizi yang di butuhkan dari makanan keseharian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Kehamilan Artikel Populer