Tanda2 kehamilan : Tanda-Tanda Kehamilan

Tanda2 kehamilan - Kehamilan berlangsung dalam waktu 280 hari (40 minggu). Kehamilan wanita dibagi menjadi tiga tribulan(triwulan): tribulan (triwulan) pertama: 0-12 minggu, tribulan (triwulan) kedua: 13-28 minggu, tri­bulan (triwulan) ketiga: 20-40 minggu.

Pada mata rantai konsepsi (fertilisasi), implantasi (nidasi) terjadi perubahan ro­hani dan jasmani, karena terdapat penge­luaran hormon spesifik dan menimbulkan gejala dan tanda hamil sebagai tanda dugaan hamil, tanda kemungkinan hamil, dan tanda pasti kehamilan.
Tanda Dugaan Hamil
Tanda im meliputi tidak datang bulan (amenorea) dengan konsepsi dan nidasi mulai mengeluarkan hormon, maka pertumbuhan dan perkembangan folikel tidak terjadi, sehingga terdapat keadaan "tidak datang bulan." Buah dada sakit, buah dada dipersiapkan sejak semula, de­ngan terjadi perubahan peredaran darah, menahan air dan garam, sehingga ujung saraf tertekan yang menimbulkan rasa penuh dan sakit, terutama kehamilan per­tama. Perasaan mengidain (ingin makanan khusus) yang dapat berupa mual-muntah terutama pagi hari (morning sickness), kurang suka makanan, tidak tahan bau­bauan, terdapat pengeluaran air liur her­lebihan (hipersalivasi), kepala sakit dan pusing, ingin makanan tertentu. Gang­guan pencernaan dan perkemihan, sering sulit buang air besar karena kurang makan serat dan pengaruh hormonal, sering kencing berlebihan karena kandung ke­mih tertekan rahim. Pigmentasi kulit, kare­na pengaruh hormon tertentu terdapat pigmentasi kulit wajah, sekitar buah dada, dan dinding perut.

Tanda Kemungkinan Hamil
Pada pemeriksaan kehamilan dapat diduga hamil bila dijumpai pembesaran rahim dan perut, pemeriksaan memberikan pe­tunjuk adanya kehamilan (terdapat kon­traksi rahim saat diraba, ada tanda Hegar, Chadwick, Piscaseck, Ballotement, dan reaksi pemeriksaan kehamilan positif.

Tanda Pasti Kehamilan
Dengan menggunakan alat canggih ultra­sonografi (USG), kehamilan pasti sudah dapat ditetapkan pada umur yang relatif muda. Oleh karena itu kehamilan pasti dapat ditegakkan melalui pemeriksaan USG dapat diketahui terdapat "fetal plate," kantung gestasi, rahim membesar. Dengan metode konvensional kepastian hamil bila teraba bagian janin, terdengar detik jantung janin, teraba gerakan janin. pemeriksaan ronsen (sudah ditinggalkan karena berbahaya bagi janin), terdapat gambaran kerangka janin.
Dengan gambaran tanda kemungkin­an hamil, dan pemeriksaan dapat dipasti­kan kehamilanpada wanita atau terdapat penyakit lain, umur kehamilannya. Bagaimana dokter atau bidan dapat mene­gakkan kehamilan? Seorang wanita akan datang memeriksakan diri bila berhadapan dengan keadaan terlambat datang bulan, terdapat keputihan dan tanda infeksi, ter­jadi perdarahan, terdapat benjolan pada daerah perutnya, ada keinginan lain yaitu ingin menunda hamil dengan memakai metode KB, ingin melakukan pemeriksaan Pap smear, ingin menggugurkan kandung­annya.
Seorang wanita yang mengalami keter­lambatan datang bulan (menstruasi) dapat mengalami perasaan gembira, cinta dan sedih yang bercampur baur. Dalam kehi­dupan rumah tangga terutama yang baru melangsungkan perkawinan, keterlambat­an datang bulan sudah tentu menggembi­rakan, sehingga ingin cepat mengetahui hasil yang pasti dengan melakukan kun­jungan dan pemeriksaan dokter.
Dokter atau bidan akan melakukan tugasnya untuk dapat menetapkan apakah yang menyebabkan keterlambatan datang bulan (menstruasi) dengan melakukan anamnesa (mengajukan pertanyaan) antara lain sejak kapan terlambat atau kapan menstruasi terakhir, apakah terdapat tanda kemungkinan hamil (payudara sakit, tan­da mengidam); melakukan pemeriksaan bagian luar terhadap pembesaran perut sehingga rahim dapat diraba dan bentuk tidak simetris, pemeriksaan payudara (pembuluh darah makin nyata, payudara Makin padat, puting susu makin menon­jot) pemeriksaan kulit mencari pigmentasi pada kedua pipi, dinding perut, dan seki­tar puting susu; pemeriksaan untuk men­cari tanda Hegar, Chadwick, dan Ballote­ment; kemudian melakukan pemeriksaan tes kehamilan (tes positif bila terlambat sekitar 7-10 hari). Dengan melakukan se­rangkaian langkah tersebut kehamilan muda dapat ditetapkan, dan untuk selan­jutnya melakukan pengawasan kehamilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Kehamilan Artikel Populer