Menu makanan bayi 6 bulan : Pemberian Air Susu Ibu

Menu makanan bayi 6 bulan - Seorang ibu dikodratkan untuk dapat memberikan air susunya kepada bayi yang telah dilahirkannya, dimana kodrat ini merupakan suatu tugas yang mulia bagi ibu itu sendiri demi keselamatan dari bayi di kemudian hari. Tetapi pada suatu proses kelahiran, terutama bagi yang barn pertama melahirkan, kadang air susu ibu tidak atau susah untuk keluar sehingga bayi tersebut sementara diberikan susu bo­tol yang akan mengakibatkan bayi tersebut terbiasa menghisap dot, sehingga da­pat mengalami "bingung puting" saat mu­lai meneteki.


Refleks pertama seorang bayi yang normal adalah mencari puting susu ibu dengan mulutnya. Rangsanganpada pu­ting susu ibu berupa hisapan mulut bayi merupakan hal yang penting dalam proses produksi air susu ibu (ASI).

Manfaat ASI
Jika seorang ibu memberikan air susu ibu kepada bayi dapat menguntungkan baik bagi bayi tersebut maupun untuk ibu sendiri. Keuntungan bagi bayi adalah air susu ibu merupakan makanan bayi yang mudah dicerna, bersih, aman dari kuman, selalu siap disajikan, mengandung zat gizi dan zat pelindung yang dibutuhkan bayi. Bayi yang mendapat ASI akan jarang me­ngalami mencret atau diare, alergi, sembe­lit. Terhindar dari kelebihan kalori. Men­dapat perasaan aman dalam dekapan ibu. Gerakan menghisap payudara ibu tiap menyusui akan memperkuat rahang dan merangsang pertumbuhan gigi bayi tersebut. Sedangkan keuntungan bagi ibu an­tara lain mempercepat proses pemulihan rahim keukuran sebelum melahirkan, mengurangi kemungkinan terjadinya kan­ker payudara di kemudian hari, memper­cepat jalinan kasih sayang antara ibu dan bayi, dan menghemat serta mudah men­dapatkannya.

Untuk mulai menyusui bersihkan bayi segera setelah lahir, kemudian setiap kali ingin menyusui. Jangan membuang air susu jolong (kolostrum) yang keluar pada hari pertama karena air susu ini mengan­dung zat antibodi yang melindungi bayi dari penyakit infeksi. Menyusui secara eksklusif dimana ibu memberi air susu sejak bayi lahir hingga berumur 4 bulan. Setelah itu air susu ibu diteruskan hingga bayi berumur 2 tahun dan bayi diberi makanan tambahan.

Setiap kali menyusui gunakan kedua payudara Anda. Jangan menggunakan dot, sebab bayi akan mengalami "bingung pu­ting" di mana bayi tidak mau menghisap payudara ibunya. Menyusui tidak boleh tergesa-gesa terutama saat belajar bagi ibu dan bayinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Kehamilan Artikel Populer