Menjaga kehamilan muda : Keluhan Kehamilan

Menjaga kehamilan muda - Keluhan ringan kehamilan teruta­ma terjadi pada hamil muda. De­ngan makin tua kehamilan keluhan makin berkurang, kecuali varises dan kaki bengkak makin meningkat. Keluhan ri­ngan segera dapat diatasi hanya dengan nasihat atau obat tertentu yang tidak ber­bahaya bagi janin dalam rahim.


Morning Sickness
Disebut morning sickness karena terjadi pagi hari pada waktu bangun dengan kelu­han pening kepala, mual ringan sampai muntah, setelah duduk sebentar keadaan dapat diatasi. Keadaan ini disebabkan oleh gangguan metabolisme karbohidrat, jadi bila mungkin minum teh panas dengan gula sebelum bangun dan berjalan.

Hipersalivasi
Pengeluaran air liur makin meningkat pada beberapa orang, sehingga menambah kesulitan untuk makan. Air liur dapat menyebabkan gangguan "gigi" terjadi pembengkakan dalam bentuk pem­bengkakan gusi (epulis). Hipersalivasi da­pat diatasi dengan mengisap gula gula, yang banyak dijual dipasarkan bebas, biskuit atau roti tawar.

Kram Betis
Pada hamil muda sering terjadi kram betis yang menunjukkan kurangnya beberapa vitamin tertentu dan mineral seperti vita­min E dan B kompleks serta kalsium. Kram lokal masih dapat diurut dengan obat gosok seperti balsem dan sebagainya. Keluhan ini segera akan menghilang setelah makan dan minum makin baik.

Varises
Varises adalah pembesaran pembuluh darah sampai tampak dari luar. Sebagian besar varises terjadi pada kehamilan beru­lang. Varises banyak terjadi pada kehami­landiatas tiga kali. Varises disebabkan hormon kehamilan dan sebagian terjadi karena keturunan. Pada kasus yang berat dapat terjadi infeksi dan bendungan berat. Bahaya yang paling penting adalah trom­bosis yang dapat menimbulkan gangguan sirkulasi darah. Untuk sementara dapat memakai stoking ketat, kasus kaki nilon panjang sampai paha.

Sinkope (Pingsan)
Sinkope keadaan pening, kepala ringan, mata kabur sejenak oleh karena bangun mendadak. Dengan bangun mendadak, aliran darah ke pusat susunan saraf (otak) terlambat sehingga terjadi kekurangan darah kepusat susunan saraf (otak) me­nyebabkan Sinkope. Untuk dapat menga­tasi dilakukan bangun dari tidur atau ber­diri secara bertahap. Duduk dahulu di tepi tempat tidur sejenak sebelum berdiri/jalan sehingga peredaran darah dapat ber­adaptasi dengan posisi baru.

Kaki bengkak
Kaki bengkak terjadi pada akhir trimester ketiga. Terdapat dua gangguan kaki bengkak yaitu retensi (penahanan) air dan garam karena gestosis dan tertekannya pembuluh darah, karena bagian terendah bayi mulai masuk pintu atas panggul. Pada keadaan ringan, kaki bengkak dapat diata­si dengan tidur dengan kaki lebih tinggi dan mengurangi makan garam. Bila kaki bengkak yang bersifat abnormal, dapat diikuti oleh sakit kepala, pandangan mata kabur, pemeriksaan air kencing dijumpai protein yang meningkat dan tekanan darah meningkat. Bengkak kaki yang berhubungan dengan komplikasi hamil yang harus mendapat pengobatan khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Kehamilan Artikel Populer