Menu Sehat Untuk Ibu Hamil


http://konsultasi-kehamilan.blogspot.com/2014/12/menu-sehat-untuk-ibu-hamil.html


Menu sehat untuk Ibu Hamil – Perhatikan makana yang Anda konsumsi agar tubuh Anda tetap fit dan janin tumbuh sehat. Ibu hamil membutuhkan makanan yang sehat untuk Anda dan bayi Anda. penambahan berat badan yang tidak sesuai selama kehamilan akan beresiko  bayi terlahir premature atau berat badan lahir rendah, untuk itu jangan takut gemuk.

Makanan sehat untuk ibu hamil sangat penting karena langsung berpengaruh pada janin. Pada masa kelahirannya, berat badan ideal bagi bayi yang sehat dan ibnya yang mengonsumsi makanan sehat yait sekitar 3,18 kg, sedangkan bayi dengan ib bergizi rendah, berat badannya sekitar 2,78 kg.

Gizi ibu hamil tidak hamya dilihat dari angka kecukupan gizi dan vitamin, namun juga pada misalnya kulaitas darah yang berpengaruh besar pada kelangsungan hidup janin, bayi bisa beresiko mengalami kematian karena secara fisisologi bayi bisa tercekik akibat tidak mendapatka suplai oksigen yang cukup yang disebabkan oleh sel darah merah ibu yang rendah. Untuk itu menu makanan untuk ibu hamil juga harus bisa mencukupi kebutuhan vitamin. Kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan diantaranya.

Protein yang bisa Anda dapatkan dari tempe, tahu, telur, kacang-kacangan, ayam baging dada,  dan daging tanpa lemak. Konsumsi 2-3 porsi per hari.

Kalsium bisa Anda dapatkan dari sayuran hijau, keju, dan ikan telur.
Folat bisa Anda dapatkan dari sayuran hijau segar, bah, kacanng-kacanagn, hati dan juga ayam. Anda membtuhkan folat 400 mikrogram sehari.
Zat besi bisa Anda dapatkan dari sayuran berdaun hijau, buah kering, dan daging merah. Anda membtuhkan zat besi 30-60 mg sehari.
Vitamin C bisa Anda dapatkan dari sayuran, buah jeruk, stroberi, jambu biji, tomat, apel dan anggur. Dengan 70-80 mg sehari bisa membantu untuk proses penyerapan zat besi dari tumbuhan.
Serat bisa Anda dpatkan dari sayuran dan kacang-kacangan dengan mengonsumsinya 1/3 porsi sehari.
Cairan yang bisa memantu proses pencernaan makanan dan produksi darah, minum minimal 2 liter sehari.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Kehamilan Artikel Populer