Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Menu Makanan 4 sehat 5 sempurna – setiap orang pasti menginginkan hidup yang sehat secara alami, oleh sebab itu makanan yang sehat sudah seharusnya untuk dikonsumsi. Untuk itu makanan yang biasa dikenal dengan istilah makanan 4 sehat 5 sempurna menjadi sangat penting untuk kita penuhi. Menu makanan 4 sehat 5 sempurna terdiri dari beberapa komposisi yaitu:

Makanan utama atau pokok merupakan makanan yang diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi. Makanan tersebut memiliki kandungan sumber energi yaitu karbohidrat seperti nasi, gandum, jagung, umbi-umbian, kentang, dan oat.

Lauk pauk merupakan makanan yang dijadikan sebagai pendamping makanan utama yang dijadikan sebagai sumber zat pembangun bagi tubuh. Makanan tersebut memiliki kandungan protein diantarnya tempe, tahu, telur, ikan, serta daging.

Sayur-sayuran merupakan makanan yang harus ada dalam menu makanan sehari-hari, karena sayuran yang sangat baik untuk kesehatan tubuh apalagi pada masa perkembangan dan pertumbuhan juga untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Makanan yang biasanya berwarna hijau ini memiliki kandungan serat, vitamin, dan juga protein nabati seperti brokoli, bayam, dan sayuran hijau lain.

Buah-buahan merupakan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Di dalam buah-buahan juga terdapat kandungan air yang inggi serta serat yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan juga menjaga tubuh kita selalu bugar.

Susu merupakan pelengkap dari 4 makanan diatas sebagai penyempurna kesehatan tubuh. 

Untuk mendapatkan makanan yang sehat sempurna sebaiknya Anda benar-benar memperhatikan keseimbangan gizi dari makanan dengan makanan yang mengandung jenis zat-zat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Biasanya makanan sehat bergizi disertai dengan keanekaragaman variasi menu makanan yang diimbangi dengan aktivitas fisik yakni menjaga kebersihan dan memeperhatikan berat badan yang ideal atau proposional. Makanan sehat mencangkup semua aspek yang dibutuhkan oleh tubuh, baik itu makanan untuk perkembangan dan untuk perumbuhan maupun untuk mencerdaskan otak dan berbagai macam kebutuhan tubuh sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Kehamilan Artikel Populer