Pemeriksaan Kesejahteraan Janin dengan Alat Canggih

Pemeriksaan Kesejahteraan Janin dengan Alat Canggih
Jika pemeliharaan janin dalam rahim secara tradisional, dilakukan dengan usaha yang bersifat turun-temurun dan sesuai dengan adat kebiasaan masyarakat, maka kini telah dikembangkan alat-alat canggih untuk melakukan pemeriksaan kesejahteraan janin dalam rahim.

Bangsa Indonesia dengan kebudayaan yang tinggi, harus bangga karena telah menyumbangkan konsep "catur sanak" empat saudara janin (bayi) dalam kandu­ngan yang berjasa besar dalam kehidupan sampai lahir ke dunia. Konsep catur sanak, ternyata dapat dijabarkan dalam tatanan ilmiah obstetri karena fungsinya masih sangat penting sehingga janin dapat tum­buh-kembang dalam rahim dengan sem­purna. Bila salah satu dari "catur sanak" tidak berfungsi sempurna, akan menim­bulkan berbagai akibat buruk terhadap tumbuh-kembang janin dalam rahim.

Untuk melakukan penilaian terhadap kesejahteraan janin dalam rahim menggunakan alat-alat canggih. Penilaian di­lakukan terhadap fungsi masing-masing catur sanak itu. Diantara alat-alat canggih kebidanan yang banyak dipergunakan dan perlu diketahui oleh masyarakan manfaat­nya diuraikan dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Kehamilan Artikel Populer